Pages

Rabu, 01 Februari 2012

PERANGKAT LUNAK UNTUK MENGAKSES INTERNET


Terdapat beberapa peranggkat lunak (sofware) yang bisa kita gunakan untuk menjalankan aplikasi internet. Namun tentu saja pada computer yang akan kita pergunakan harus terdapat system operasi terlebih dahulu.

Setelah terdapat system operasi pada computer yang akan kita gunakan, selanjutnya kita tinggal melakukan instalasi program-program aplikasi untuk mengakses internet. Beberapa contoh perangkat lunak yang bisa dipergunakan untuk mengakses internet antara lain :


1.Microsoft Internet Eksplorer


Microsoft internet eksplorer adalah perangkat lunak browser dari system operasi windows. Jika computer yang akan dipergunakan menggunakan system operasi windows, maka aplikasi ini sudah terdapat di dalamnya.

2.Opera



Opera adalah aplikasi untuk browser yang bisa kita pergunakan secara bebas atau freeware. Jika computer yang kita gunakan menggunakan system operasi windows, kita harus melakukan intalasi program ini untuk menjalankannya. Instaler untuk opera bisa dengan mudah didapat melalui internet pada situs www.opera.com.

3.Mozila Firefox



Sepertinya halnya opera, Mozila Firefox juga merupakan program yang bisa kita pergunakan secara bebas.
Mozila Firefox sengaja dikembangkan secara gratis untuk dipergunakan siapa saja. Untuk menjalankan menjalankannya terlebih dahulu kita harus menginstallkanya pada computer yang dipergunakan . Monitor FIrefox bisa dijalankan pada berbagai system operasi seperti Windows , Linux, Unix. Installer Mozila Firefox bisa kita dapatkan dengan mendownload dari situs www.getfirefox.com .

4. google Chrome


Google Chrome adalah browser web yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan layout engine WebKit. Ini pertama kali dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada tanggal 2 September 2008, dan rilis stabil publik pada tanggal 11 Desember 2008. Nama ini berasal dari kerangka antarmuka pengguna grafis, atau "krom", web browser. Chrome adalah browser yang paling banyak digunakan kedua, setelah baru-baru disusul Mozilla Firefox, dengan 27,27% berbagi penggunaan web browser di seluruh dunia dan merupakan browser yang paling populer di Amerika Selatan.

5.mIRC


mIRC adlah salah satu aplikasi klien dari IRC windows . aplikasi ini dibuat oleh khaled mardam-Bey. mIRC adalah aplikasi shareware , oleh sebab itu kamu bisa mempergunakan aplikasi ini secara bebas tetapi dalam waktu yang dibatasi.

Untuk mempergunakan mIRC ini kita harus menginstallnya terlebih dahulu, sebab aplikasi ini tidak ada secara asli pada system operasi windows. Dan untuk mendapatkan installlernya kamu bisa mendownloadnya dengan menggunakan download manager pada situs http://www.mirc.com
6.Download Manager
Download manager adalah fasilitas internet yang dipergunakan untuk mendownload (memindahkan) file dari internet ke computer client. Aplikasi ini diperlukan jika file-file yang akan dipindahkan tersebut cukup besar sehingga tidak mungkin jika hanya dipergunakan proses Save As dari internet ke computer client saja. Hal ini berhubungan dengan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses memindahkan dat tersebut.

Memindahkan file besar hanya dengan proses Save As saja akan mengalami kendala jika tiba –tiba koneksi internet terputus. Namun, dengan menggunakan Downloas Manager , saat koneksi terputus, maka proses pemindahan data akan dihentikan oleh download manager dan dilanjutkan kembali saat koneksi sudah tersambung kembali. Dengan demikian proses pemindahan data menggunakan download manager terbilang ama dan kecil kemungkinan terjadi kegagalan.

7.Klien Email

Klien email atau Email Client adalah fasilitas yang dipergunakan untuk mendownload email dari penyedia layanan email yang mendukung protokol POP3. Dengan menggunakan klien email kita dapat mengatur menejemen akun email yang dimiliki tanpa harus membuka alamat web dari penyedia layanan email.

Beberapa klien email diantaranya Outlook Express, yang merupakan aplikasi yang sudah terdapat dalam sistem operasi windows, Mozilla Thunderbird yang bias dipergunakan pada berbagai sistem operasi.


8.Netscape navigator


Netscape Navigator merupakan peramban web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa peramban web berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windowss 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh. Netscape Navigator merupakan peramban yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.

Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat kode sumber terbukanya setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah peramban web yang merupakan gagasan bagi peramban Mozilla Firefox.

0 komentar:

Posting Komentar